-->

ads

Kebebasan Blogger Vietnam Masih Terkekang

Saturday, July 27, 2013
Amerika serikat beserta dua organisasi internasional yang memberikan penghargaan kepada tiga blogger Vietnam termasuk yang salah satunya kini dalam penjara, dikecam keras oleh sebuah surat kabar dari Partai Komunis Negara Vietnam. Penghargaan tersebut diserahkan kepada para blogger Vietnam belum lama ini.


Berdasarkan kolom editorial dari surat kabar Nhan Dan yang menanggapi permasalahan ini, tertulis di sana bahwa "Upaya pemberian penghargaan tersebut mendorong para aktivis anti pemerintah untuk terus aktiv mempropaganda pemerintahan dan mencampuri urusan dalam negeri Vietnam".

Selain itu, seorang juru bicara dari kementrian luar negeri Vietnam bernama Luong Thanh Nghi berkata "Ini merupakan kesalahan besar dan tidak menguntungkan dari segi pembangunan di kedua negara".




Penghargaan yang diberikan kepada blogger Katolik Ta Phong Tan pada tanggal 8 Maret lalu telah menimbulkan kemarahan bagi para politisi Vietnam. Blogger tersebut yang menerima penghargaan International Women of Courage Award kini sedang menghadapi tuntutan hukuman 10 tahun penjara.

Alasan dipenjara adalah karena dia didakwa telah mempropaganda terhadap negaranya pada September 2012 lalu, Tan yang menulis dalam blognya "Kebenaran dan Keadilan" memposting artikel tentang peristiwa politik yang dianggap di luar batas wilayah kewenangan.

1 comments on Kebebasan Blogger Vietnam Masih Terkekang

  1. Beruntunglah kita yang ada di Indonesia, tidak seperti saudara-saudara kita sesama blogger yang ada di Vietnam ya Kang.

    Salam wisata

    ReplyDelete