-->

ads

Wayang Kulit Sebagai Tontonan Tuntunan dan Tatanan Hidup Manusia

Thursday, August 6, 2015
Dalang Eko Saat Tampil di Bantarsari, Cilacap
Mencintai kebudayaan sendiri tentu banyak kegiatan atau tindakan yang bisa mencerminkan cinta budaya tanah air. Layaknya mencintai pasangan bahwa kita selalu menjaga pasangan, kekasih atau belahan jiwa. Seperti itu pula kita dalam mencintai budaya tanah air yakni dengan tindakan memperhatikan, mengamati dan selalu menjadikan kebudayaan sebagai identitas atau lambang suatu bangsa.

Kegemaran saya menonton wayang kulit memang sudah tertanam sejak kecil, awalnya lebih banyak nonton ketoprak yang biasa tampil sampai pagi. Tahun 1997 memang masih ramainya kesenian ketoprak di daerah saya Sindanghaji. Bahkan acara ketoprak humor yang diperankan oleh rombongan Srimulat pun tidak pernah saya lewatkan. Namun sayangnya ketoprak di kampung saya sudah tidak aktif lagi lantaran pimpinannya almarhum.

Selain ketoprak ada pula wayang kulit yang menjadi favorit atau kegemaran saya untuk selalu diikuti ke mana pun tempat pagelarannya. Selalu mencari tahu kapan dan di mana pagelaran wayang terbaru, karena nonton wayang banyak manfaatnya. Beberapa diantaranya kita bisa sedikit banyak memahami bahasa jawa halus dengan baik, mendengarkan pitutur bahasa lainnya Tontonan, Tuntunan dan Tatanan.

Makna dalam tersebut saya dapatkan dari seorang teman yang berprofesi sebagai dalang. Beliau bernama Ki Dalang Sumantoro atau Dalang Senggeh berasal dari Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Beliau sampaikan bahwa nonton wayang kulit bukan sekedar hiburan semata, akan tetapi terdapat tontonan yang bisa dijadikan tuntunan hingga tatanan hidup manusia. Semoga masyarakat Jawa sekarang khususnya bukan sekedar nonton tetapi dapat menjadikan tuntunan bahkan tatanan.

Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno

1 comments on Wayang Kulit Sebagai Tontonan Tuntunan dan Tatanan Hidup Manusia

  1. Aku dolanan blog kit biyen ra dadi2 bang.... Cah ampah https://pelatihankewirausahaansmk.blogspot.co.id

    ReplyDelete